Skip to main content

Unsur Kalam/Kalimat dalam Bahasa Arab

Daftar Isi [ Tampil ]
Kalam atau kalimat dalam bahasa Arab adalah susunan dari beberapa kata/kalimah yang memiliki makna. Dalam bahasa Indonesia banyak digunakan definisi kata (kalimah) seperti kata kerja, kata tanya dan sebagainya. Begitu juga dalam bahasa Arab, yang memiliki banyak istilah kata atau kalimah yang kurang lebih sama dengan bahasa Indonesia.

Namun demikian, dalam bahasa Arab, seluruh kalimah yang ada dapat dikelompokkan ke dalam 3 kelompok besar, yaitu isim, fi'il, dan huruf. Ketiga kalimah dalam bahasa Arab tersebut menjadi unsur kalam atau kalimat. Coba perhatikan contoh kalam berikut :

ذَهَبَ زَيْدٌ اِلَى المَدْرَسَةِ (Zaid telah pergi ke sekolah)

Pada contoh kalam di atas, memiliki tiga unsur kalam/kalimat, yaitu :

  1. Kalimah fi'il (kata kerja)
  2. Kalimah Isim (kata benda)
  3. Kalimah huruf (kata sambung, kata hubung)

Untuk contoh kalam tersebut, ذَهَبَ adalah kalimah fi'il (kata kerja), زَيْدٌ dan المَدْرَسَةِ adalah kalimah isim (kata benda) berupa nama orang dan nama tempat, dan اِلَى (ke) adalah kalimah huruf .

Baca juga : Arti Isim, Fi'il dan Huruf dalam Bahasa Arab

Unsur kalam dalam bahasa Arab hanya mencakup tiga unsur ini saja, yaitu isim, fi'il dan huruf. Setiap unsur kalam ini memiliki jenis dan pembagian yang bermacam-macam. Untuk penjelasan lebih lanjut lagi mengenai jenis dan pembagian unsur kalam (isim, fi'il, huruf) ini akan kami ulas pada artikel kami yang selanjutnya. Materi ini hanya pengantar saja, membantu pemula mempelajari unsur kalam/kalimat dalam bahasa Arab.

Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Tutup Komentar