Skip to main content

Pengantar Ilmu Politik

Daftar Isi [ Tampil ]
Ilmu Politik
Pengantar Ilmu Politik merupakan mata kuliah dasar sebelum mahasiswa mendalami konsep lain dalam program studi ilmu politik atau dalam program studi Hubungan Internasional. Pengantar Ilmu Politik adalah pengetahuan yang mempelajari suatu sisi khusus dari kehidupan masyarakat yang menyangkut dengan masalah kekuasaan.

Kata politik itu sendiri mungkin sudah sering kita dengar atau bahkan justru kita sudah mengenalnya dari berbagai sumber, seperti media massa, seminar, talk show, dan lain sebagainya. Di tengah-tengah masyarakat, banyak bermunculan berbagai pandangan terkait makna dan keberadaan politik saat ini. Ada sebagian yang menganggap bahwa politik merupakan suatu hal yang positif, jika ia difungsikan untuk mewujudkan kebaikan bersama. Namun juga ada yang menganggap bahwa politik itu sebagai sesuatu yang buruk atau negatif. Pandangan ini muncul ketika masyarakat melihat tujuan dan perilaku para aktor politik yang hanya mencari dan memperebutkan kekuasaan tanpa menaruh perhatian kepada kepentingan rakyatnya.

Meski ada perbedaan pandangan di antara masyarakat tentang makna dan keberadaan politik, namun sadar atau tidak sebenarnya politik banyak memberikan pengaruh kepada kehidupan manusia atau kelompok masyarakat. Seperti adanya kewajiban untuk membuat KTP bagi warga negara yang sudah memasuki umur 17 tahun, serta adanya kewajiban membayar pajak dengan disertai keputusan yang mengikat. Hal tersebut merupakan contoh politik karena adanya otoritas pemerintah memaksa warganya taat aturan yang telah ditetapkan.

Begitu juga ketika kita bergabung dengan lembaga baik di bidang sosial, politik, budaya, maupun ekonomi, maka tidak terpisahkan pula dari pengaruh politik. Di mana kita dituntut untuk mematuhi aturan, nilai-nilai politik yang terdapat dalam lembaga.

Di samping itu, suatu lembaga juga berada di bawah naungan pemerintah atau negara yang mengharuskan untuk tunduk pada konstitusi yang berlaku di negara tersebut. Jadi, suka atau tidak sebenarnya kita ini juga terlibat dalam dunia politik  walaupun tidak dalam skala yang besar.

Aristoteles pernah berkata bahwa politik itu adalah master of science, artinya bahwa ilmu politik merupakan kunci untuk memahami lingkungan. Baginya, politik merupakan dimensi terpenting bagi manusia. Karena politik itu mengatur apa yang seharusnya kita lakukan dan tidak kita lakukan.

Jika demikian, apa itu politik dan bagaimana sejarah perkembangannya? Apa hubungan ilmu politik dengan ilmu-ilmu lainnya? Ada berbagai cara yang bisa kita tempuh untuk mencari jawabannya. Di antaranya dengan memahami berbagai pandangan mengenai politik menurut para ahli, bisa juga dengan mempelajari karya-karya para tokoh politik ternama.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Tutup Komentar