Skip to main content

Ilmu Tata Bahasa Arab | Penting untuk kita mempelajarinya

Daftar Isi [ Tampil ]
Ilmu Tata Bahasa Arab
Sudah selayaknya kita sebagai umat Islam mempelajari dan mendalami Ilmu Tata Bahasa Arab. Bahasa Arab sendiri telah dijadikan Allah SWT sebagai bahasa Al-Qur'an Al-Karim lantaran bahasa Arab adalah bahasa yang baik dan terbaik dari bahasa lainnya.

Dalam Q.S. Yusuf: 1 Allah Berfirman:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَ

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al-Qur'an dengan berbahasa Arab agar kamu memahaminya".

Selain itu, Abu Bakar bin Abi Syaibah juga meriwayatkan, dari Umar bin Yazid, beliau berkata: Sahabat Umar bin Khattab menulis kepada Abu Musa al-Asy'ari, "Pelajarilah as-Sunnah, pelajarilah bahasa Arab dan i'rablah Al-Qur'an sebab Al-Qur'an itu berbahasa Arab".

Bagaimana hukum mempelajari ilmu tata bahasa Arab bagi umat Islam ? Seseorang yang ingin mendalami atau mengkaji isi kandungan dalam Al-Qur'an, hadits, atau kitab kuning, maka harus mengerti dan memahami ilmu tata bahasa Arab.

Kenapa harus mengerti serta memahami ilmu tata bahasa Arab ? Sebab seseorang tidak akan mampu memahami Al-Qur'an, Hadits, dan kitab kuning dengan pemahaman yang baik dan benar kecuali dengan menguasai bahasa Arab.

Imam as-Syafi'i pernah berkata, "Manusia menjadi buta agama, bodoh, dan selalu berselisih paham karena mereka meninggalkan bahasa Arab, dan lebih mengutamakan konsep dari Aristoteles".

Ilmu tata bahasa Arab terdiri atas beberapa cabang keilmuan, antara lain yakni, Nahwu, Sharaf, Balaghah, Muthala'ah, Mufradat, Nushub adab, dan sebagainya.

Baca juga : Unsur Kalam/Kalimat dalam Bahasa Arab

Akan tetapi, secara garis besar ilmu tata bahasa Arab terdiri dari nahwu dan sharaf. Apa itu nahwu dan sharaf ?

Ilmu nahwu adalah ilmu yang mempelajari kedudukan suatu kalimah serta harakat akhir dari suatu kalimah. Sedangkan ilmu sharaf adalah ilmu yang mempelajari mengenai perubahan bentuk suatu kalimah dari satu bentuk ke bentuk lainnya guna mendapatkan makna yang berbeda-beda.

Apa pentingnya mempelajari ilmu tata bahasa Arab ? Dikutip dari ponpes.alhasanah.sch.id., pentingnya mempelajari ilmu tata bahasa Arab antara lain adalah: 1) Bahasa Arab merupakan Syiar Islam dan Umat Islam, 2) Shalat dan Zikir Dilaksanakan Dalam Bahasa Arab, 3) Terlatih Memakai Bahasa Arab Akan Memengaruhi Nalar, Adab, dan Agama, 4) Menyerupai para Sahabat dan Tabi'in, 5) Mempelajari Bahasa Arab merupakan Bagian dari Agama, 6) Supaya Lebih Memahami Al-Quran dan Hadits, 7) Membuat Seseorang Lebih Bagus di dalam Perkataan.

Demikianlah selayang pandang mengenai ilmu tata bahasa Arab serta pentingnya mempelajari bahasa Arab. Semoga tulisan ini dapat menjadi motivasi dalam mempelajari bahasa Arab serta dapat bermanfaat bagi kita semua.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Tutup Komentar